Budget Traveling -Family Science Trip

Tulisan lama yang ternyata masih teronggok dalam folder Draft- Cerita perualangan keluarga kecil kami dalam family trip melalui udara pertama kami bersama.

Ini adalah salah satu hobi saya dan suami 2 tahun terakhir. Travel based on budget untuk dalam negeri maupun luar negeri.

Pengalaman pertama pergi ke luar negeri tahun 2010 silam, pergi ke Phuket berdua saja dengan suami sebagai hadiah ulang tahun pernikahan kami ke 8 yang kemudian menjadi acara rutin tahunan kami berdua.

Kali ini momentya adalah ulang tahun  anak-anak yang jatuh di bulan februari, tetapi kami tunda hingga bulan juni 2011.

Budget travel juga saya terapkan untuk family trip, anak-anak saya Einar (6) dan Ayesha(3) pertama kali trip ke bali dengan style backpack. Karena kami ber empat pergi dengan masing-masing backpack. Model ini sangat praktis, selain karena bawaan kami sangat ringkas, berguna untuk melatih kemandirian anak-anak. Mereka bertanggung jawab terhadap backpack masing-masing, dengan tambahan pesan kalau mereka lalai maka resikonya tak punya baju ganti ;).

Dengan pesawat Air asia yang terkenal murah, sudah pasti travel costnya lumayan bisa di tekan.
Pilihan Hotel jatuh pada hotel bintang 3 dengan fasilitas  cukup lengkap yang kami hunting di agoda. Transportasi kami pilih rental mobil harga 150 ribu per hari
Untuk makan, kami pilih lokasi makan dimana saja yang cukup nyaman dan menu dapat diterima oleh anak-anak.

Mereka sangat excited, selain karena ini pengalaman pertama terbang, juga karena destinasinya adalah Bali.
First time to fly untuk anak-anak kami, hehehe melas ya. Alasan kami untuk menunggu sampe usia si adek 3 tahun adalah agar perjalanan kami tidak terlalu repot karena membawa bayi. Mereka sudah bisa makan menu dewasa, tidak perlu bawa stroller atau menggendongnya sepanjang jalan.

Biasanya jika pergi berdua saja, maka saya dan suami akan menyewa motor seperti yang kami lakukan di phuket. Tapi karena kami pergi ber-empat jadi lebih enak dengan menyewa mobil selama di bali. Kebetulan kami dapat rekomendasi rental Mobil yang murah langganan tetangga baik kami. Mobil bisa diantar dan dijemput (serah terima) dibandara Ngurah Rai.

Day 1
Perjalanan kami dimulai denang flight malam dari jakarta ke Denpasar, sampai di denpasar kami mampir ke rumah salah seorang kerabat dan menginap 1 malam disana. Esok paginya kami menuju Uluwatu, diantar kami ke spot pantai yang sangaat indah. Tidak ada pengunjung lain selain kami ber 7 , hanya ada petani rumput laut yang sedang memanen rumput lautnya. Jalan menuju tempat ini berada di lokasi skitaran vila di uluwatu dengan jalan setapak dengan kemiringan hampir 90 derajat.
Hampir 4 jam kami menikmati pantai ini, anak-anak sampai gosong sangaat. Mereka bisa berendam dan puas menikmati pasir pantai yang putiiih.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sorenya kami baru checkin di hotel kawasan kuta Febri’s Hotel & Spa yang kami pesan dari agoda. Kenapa kami memilih di kawasan kuta? karena kami membawa anak-anak dimana kami perlu opsi tempat makan yang lebih bervariasi maka kami pilih tempat dekat keramaian.

Traveling kali ini memiliki tema Science Trip, karena semua destinasi kami adalah tempat-tempat seru yang terkait pengetahuan alam.

Day 2

Hari berikutnya tujuan kami ke Bali Bird Park, bermodal GPS, sampai juga kami di bali bird park. Anak-anak sangat menikmati bali bird park karena salah satu hobinya adalah membaca buku pengetahuan ttg hean-hewan. Selain burung juga ada taman reptil di sebelahnya, tiket termasuk tiket masuk ke taman reptil ini. Pengalaman serunya adalah berfoto dengan iguana darat raksasa. Takut awalnya, setelah saya bujuk dan berikan penguatan akhirnya berani menggendong iguana itu.

Selesai dari bird park, target kami selanjutnya adalah Butterfly park di daerah Wanasari Tabanan, setelah beberapa kali nyasar sampai juga di lokasi tepat pukul 16.30 dimana sudah hamarpir tutup. Akhirnya kami mendapatkan discount hanya dengan membayar 2 tiket saja untuk ber 3 ;). 1 tiket masuk seharga 25000.  Jika ingin mengunjungi taman kupu-kupu ini harus pagi, karena kupu-kupu banyak muncul di pagi hari, dan sore itu kami hanya bisa menjumpai beberapa puluh ekor kupu yang terbang.
 Taman kupu-kupu ini terdapat lokasi penetasan kepompong  dan taman tempat hidupnya kupu-kupu, dan berbagai macam koleksi serangga hidup. Meskipun cukup singkat karena sudah waktunya tutup, tetapi cukup memuaskan untuk anak-anak.

Day 3
Hari ke 3 kami mulai dengan perjalanan menuju tanah Lot. Kata orang belum ke Bali namanya jika belum berfoto di tanah lot. Icon bali yang pali populer adalah tanah lot . Jam 5 pagi kami beangkat dari Hotel untuk menghindari kemacetan di Tanah Lot.  Perjalanan dipagi hari hanya memakan waktu sekitar 45 menit jika siang hari akan  padat dengan bus wisata yang mengantar pengunjung.
Menikmati debur ombak dan udara segar ditemani teh hangat nikmat tiada terkira.

Perjalanan berikutnya kami menuju pulau serangan, sebuah pulau kecil tepatnya sebelah selatan pantai sanur  untuk menuju kesana tidak perlu menggunakan perahu karena pulau tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan . Di pulau ini terdapat tempat penangkaran penyu hijau dan Marine Garden. Pada tempat penangkaran penyu dapat dilihat lokasi penangkaran sejak berupa telur hingga penyu dewasa yang siap dilepas kembali ke laut.

Serangan Marine Garden merupakan sebuah tempat untuk melihat dan mengenal lebih dekat biota laut perairan Bali melalui akuarium, enambah pengetahuan kita tentang kehidupan biota laut. Di ruangan yang tidak terlalu besar ini, terdapat beberapa spesies ikan dan terumbu karang yang dipisahkan dalam sebuah aquarium untuk setiap spesiesnya. Kami sempat ngobrol dengan pengelolanya, tempat ini didirikan oleh seorang berkebangsaan jepang yang ingin mewujudkan sebuah tempat pengembangan biota laut di indonesia. Dari pengamatan kami, beberapa object di pulau serangan  ini cukup menarik untuk anak-anak, hanya saja kurangnya publikasi membuat lokasi wisata ini kurang diminati dibandingkan tanah lot dan object wisata pantai lainya di Bali.
Akhirnyaaa petualangan ini harus kami akhiri, sampai jumpa di Februari tahun 2013 yaaa, karena tahun 2012 family trip diganti dengan Spiritual Trip 😉