Hajj -1443 H- Keberangkatan

3ca8e97e-55b6-4048-a934-1ee6646334dc_625x352

Alhamdulillah tahun ini kami mendapatkan undangan berhaji ber dua dari Allah SWT. Hadiah ulang tahun pernikahan kami yang ke -10. Hadiah yang luar biasa indah lahir batin.

7 Januari 2011 kami mendaftarkan diri pada PT. Raudah Amani Wisata Travel (Ramani) yang ada di bilangan Asem baris. Hasil menyambangi tetangga kami yang sudah berangkat terlebih dahulu tahun 2010. Dengan kepercayaan bahwa Allah akan mencukupkan biayanya maka kami mendaftar dengan modal 3000 USD per orang, sisanya dicicil sampai kepastian keberangkatan diinformasikan.

Benar adanya, rejeki dicukupkan untuk melunasi biaya haji kami berdua. Berangkatlah kami 12 october 2012 lalu . Total Jamaah dalam rombongan sekitar 230 dibagi menjadi 2 kelompok, 1 kelompok dengan Etihad transit Abu Dhabi dan 1 lagi dengan Garuda direct Jakart Jeddah. Kami berada di rombongan pertama dengan pesawat Etihad.

Jam 11 siang kami brangkat dari rumah dengan menggunakan taksi, menyelisihi anak-anak yang sedang berada disekolah. Kami tidak akan tega jika meninggalkan mereka dalam keadaan menangis selain itu prinsip kepraktisan. Bendungan air mata jebol ketika berpamitan dan menitipkan anak-anak kepada ibu saya. Rasanya tak bisa terlukiskan, mba uci seorang tetangga sesepuh kami juga melepas kepergian kami juga adik dan ipar kami yang kebetulan cuti.

Karena hari jumat, suami saya turunkan di masjid terdekat di bandara dan saya langsung ke terminal 2D. Setelah selesai jumatan suami menyusul saya dengan ojek ke terminal keberagkatan 2D. Sekitar pukul 16:00 kami baru masuk gerbang check in untuk menimbang koper cabin kami. Check in tiket sudah dilakukan oleh travel. Kami masuk gate imigrasi dan menunggu di Gate F. Ada insiden saat dilakukan security check sebelum memasuki Gate F, koper suami saya tidak dapat dibuka. Setelah sekian lama tak berhasil membuka dengan berbagai kombinasi yang muncul mulailah kepanikan. Security check bisa allow kami masuk tapi bagaimana dengan kain Ihram yang ada didalamnya sementara kami harus berganti pakaian ihram di Abu Dhabi. PR selama menunggu boarding adalah memecahkan kode kunci koper.
Keringat mulai membanjiri kening, saya mencoba bertanya2 kepada jamaah bagi yang membawa 2 kain ihram di kopernya. Alhamdulillah tak lama koper berhasil terbuka, ternyata kuncinya berbeda dengan yang diingat oleh suami saya. angka 0,8 dan 9 terlihat mirip.

TIPS : Untuk menghindari hal ini capture lah posisi angkasaat anda setting key /digit angka pada koper bisa diphoto atau dicatat dengan benar.

uae-57606

Alhamdilillah ujian pertama terlewati, Pukul 17:50 kami boarding dan segera terbang menuju Abu Dhabi dengan Etihad 8 jam perjalanan. Dengan waktu transit 2 jam , kami terbang kembali Abu Dhabi – Jeddah dengan lama perjalanan 2 jam tibalah kami di bandara King Abdul Aziz Jeddah waktu subuh.
Antrian dimulai disini, mengambil air wudhuu  sudah antri penuh sesak. Setelah menunggu skitar 1 jam barulah kami mengantri pos Imigrasi cukup panjang dan harus berpindah-pindah counter beberapa kali. Setelah pengecekan imigrasi kami menuju bis yang akan  membawa kami ke Makkah. Kami menunggu sekitar 5 jam untuk keperluan pemeriksaan paapor dan kelengkapan jamaah haji terikait ijin maktab. * Ujian kesabaran kedua.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s