London Day 4 – Stonehenge – sang batu legenda

Day 4 – 1 Mei 2014

Hari ini kami check out dari hotel dan pindah ke Wisma Indonesia. Pagi – pagi pak Daus sudah menjemput. Rencananya hari itu kami mau ke  Stonehenge  .  Situs batu legendaris yang dipercaya didirikan manusia pada jaman Neolitikum. Berlokasi di Wiltshire, 13 km dari Salisbury.

Sesuai GPS perjalanan akan ditempuh dalam 2 jam total 220 km,  wah jauh juga ya kaya dari Jakarta ke Bandung. Cuaca hari itu hujan dan mendung, suhu udara berkisar 14’C. Berbekal pakaian tebal, dan payung kami memulai hari.

stone 4

Menuju luar kota, pemandangan sedikit berubah. Gedung-gedung tua mulai berseling dengan tanah lapang. Banyak sekali lapangan dengan rumput yang tebal di sini. Pantas,  sepak bola merupakan olahraga favorit. Sepertiga perjalanan, kami mengisi bahan bakar dulu. Dari yang saya lihat, tempat pengisian bahan bakar tergabung dengan mini market, semacam Costa atau Tesco.

bensin1

Bayarnya bisa langsung gesek dengan kartu kredit yang ada PINnya, atau ke loket di dalam shop. Mahal juga ya, 9,45 liter solar seharga 12.65 GBP. Satu liternya 26,500 IDR, Indonesia ini murah bangettt … masa 1 ltr solar 5.500. Subsidi terhadap harga internasional sekitar 21,000 per liter .. edannn. Bisa bangkrut lama-lama negara ini.

bensin2

2/3 perjalanan pemandangan sudah berganti dengan tanah lapang. Kuningnya padang Canola, untuk membuat Canola oil banyak menghampar di kanan kiri jalan.

canola

(image taken from http://livinginballan.blogspot.com)

Perkebunan biri-biri, sapi dan babi menyelinginya. Akhirnya setelah 2 jam kami sampai juga di Stonehenge. Letaknya memang di tengah padang rumput. Nyampai sana pas hujan rintik-rintik, cuaca juga mendung. Namun rupanya tidak menyurutkan semangat yang berkunjung. Parkiran mobil pribadi penuh, rombongan tur pakai Bus juga banyak. Setelah membeli tiketnya, kami naik mobil berombongan menuju lokasi. Sebenarnya jalan bisa juga sih, sekitar 1 km cuman karena hujan dan dingin kami memilih naik mobil saja.

Dan inilah stonehenge.

stone1 stone2 stone3

Hihihi .. ada juga yang pakai tongsis jauh jauh ke sini 🙂

Puas jalan – jalan mengelilingi stonehenge, beli beberapa oleh-oleh di souvenir shopnya. Kami melanjutkan perjalanan ke Heathrow, mengantar salah satu rombongan yang harus kembali ke Jakarta sore itu. Heathrow ini luas sekali dari terminal 1 – 5. Dan terminal keberangkatan luar negeri ada di terminal 3. Ikut masuk ke dalam, sekalian melihat-lihat kemegahan bandara kebanggaan Inggris ini. Pas keluar dari toilet ada vending machine yang lumayan menarik, juga ada yang sedang diperbaiki.

P1040382_Fotor_Collage

Dari heathrow, kami langsung menuju wisma. Berawal dari guyonan kalo kangen masakan Indonesia. Pak Daus langsung beraksi, sambil nyetir mesen ke wisma untuk membuat sayur asem, goreng krupuk sama beli ayam goreng. Wah baru mendengarnya saja, perut sudah bergejolak. Demi melihat kelaparan kami, pak Daus menambahkan di telpon ‘ Tolong masak buat berenam ya’ .. hahaa padahal kami cuman berempat. Dan tolong masak Mie Goreng  juga .. ahh si bapak tau aja.

Makan besarr kita nihhhh .. Alhamdulillah.